Berdirinya PLANET INOVASI antara lain dipicu oleh realitas kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini, di mana tak sedikit peristiwa menunjukkan gejala memudarnya semangat nasionalistik serta minimnya “wawasan kebangsaan” di kalangan sebagian besar masyarakat Indonesia, yang bila tidak dirawat dan diperbaiki, akan menggoyahkan semangat kebersamaan dan keutuhan NKRI. Kondisi prihatin ini ditambah lagi dengan berbagai bencana alam, buruknya manajemen tata-kelola pemerintahan, serta semakin maraknya kasus korupsi di berbagai lembaga tinggi negara yang melibatkan para pemimpinnya sebagai tersangka maupun terdakwa. Singkatnya, akibat dari semakin rendahnya kesadaran nasionalistik dan wawasan kebangsaan, semakin dirasakan pula dampak dari berbagai krisis ekonomi, krisis politik dan krisis kepercayaan yang mulai mengancam keutuhan bangsa. Pemahaman wawasan kebangsaan tampaknya belum diimplementasikan secara optimal dalam kehidupan nyata masyarakat Indonesia sehingga belum menghasilkan sinergi kekuatan untuk membangun keutuhan bangsa.
Berbagai realitas di atas memunculkan pertanyaan, bagaimana melakukan revitalisasi wawasan kebangsaan kini dan ke depan serta merejuvenasi semangat kebangsaan? Revitalisasi wawasan kebangsaan dimaknai sebagai upaya menghidupkan kembali nilai-nilai wawasan kebangsaan di segenap lapisan masyarakat dewasa ini. Artinya, konsepsi wawasan kebangsaan bukan hanya sekedar rumusan yang berfungsi sebagai slogan belaka, tetapi juga harus dimaknai, dituangkan dan diimplementasikan dalam dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Salah satu upaya merawat keutuhan negara-bangsa ialah melakukan “Gerakan Keteladanan” sosial-budaya-politik-ekonomi-hankam, utamanya di kalangan generasi muda, sebagai modal penting untuk “Menginspirasi Indonesia Baru” sekaligus sarana mengembangkan kapasitas, kreativitas dan inovasi yang memberikan manfaat ekonomi-sosial serta mendorong keberdayaan masyarakat.
Mengawali upaya bersama tersebut, Yayasan Planet Inovasi mengagendakan acara Planet Inovasi dalam Panggung Pemuda dan Kebangsaan bertema MAJULAH PEMUDA, MAJUKAN INDONESIA! pada Minggu, 23 Maret 2014, pukul 09.00-16.00 WIB, bertempat di Gedung Audio Visual BPPT, Jl. MH Thamrin No. 8, Jakarta Pusat.
Menyadari bahwa upaya melakukan Gerakan Keteladanan membutuhkan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak, maka Yayasan Planet Inovasi mengadakan kunjungan silaturahmi ke berbagai pihak yang berkepentingan untuk bertukar pikiran, sharing, dan berdiskusi tentang hal-hal yang menjadi keprihatinan bersama warga bangsa untuk menemukan inspirasi dan jalan keluar serta menentukan langkah-langkah konkrit dalam merawat kehidupan negara-bangsa ke depan.
Pendaftaran Peserta dilakukan sebelum Minggu, 23 Maret 2014, dan terbuka untuk 500 Peserta Pendaftar Pertama berusia 16-23 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Banten, dan Bandung. dan untuk Para Undangan Khusus.
Lihat cuplikan video salah satu pembicara pada Planet Inovasi dalam Panggung Pemuda Kebangsaan, Gamal Albinsaid, Pendiri Indonesia Medika.

Salam Inovasi Kebangsaan!
Penggerak Planet Inovasi