Menilik kondisi perpolitikan nasional dewasa ini, sudah sewajarnya pemuda menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari solusi atas permasalahan dan persoalan yang terjadi. Sudah saatnya generasi muda Indonesia bersatu padu menjadi aktor-aktor pencerdasan politik bagi masyarakat Indonesia sehingga politik tidak hanya berdampak negatif, namun lebih jauh dari itu, politik pada hakikatnya dapat menjadi sarana untuk mewujudkan berbagai harapan melalui partisipasi aktif seluruh rakyat Indonesia dalam merealisasikan Indonesia yang lebih baik, Indonesia maju, Indonesia unggul.
Pengejawantahan semangat tersebut harus diawali oleh gerakan keteladanan kaum muda dalam menyalurkan hak-hak politiknya. Dengan menjadi partisipan aktif dalam berbagai momentum politik diharapkan dapat menjadi stimulus awal membangun politik yang beradab di negeri ini. Efektivitas gerakan keteladanan pemuda pun lebih jauh dapat dilakukan dengan turut serta membangun dan mengembangkan hak-hak politiknya termasuk bergabung dalam organisasi sosial maupun politik yang menjadi pilar utama demokrasi. Melalui organisasi sosial dan politik pemuda dapat mewujudkan harapan perbaikan bangsa dengan memberikan solusi secara langsung serta bergerak terjun ke masyarakat menjadi aktor perubahan. Sarana ini sangat ampuh menjadi media upgrading pemuda dalam membangun kapasitas politiknya dengan tetap mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.
Gerakan keteladanan lainnya dapat dilakukan dengan berbagai hal yang bermuara pada kepastian bahwa proses politik di negeri ini berjalan dengan baik dalam nuansa negara yang demokratis. Hal tersebut antara lain: Pertama, mengawal transisi kepemimpinan baik daerah maupun nasional ke arah yang substantif yaitu terwujudnya pemilu maupun pemilukada yang bersih dan terhindar dari berbagai kecurangan seperti “kampanye hitam” dan “politik uang”. Pengawalan ini hendaknya berlanjut saat tampuk kepemimpinan diperoleh terutama berkaitan dengan kebijakan pemerintah serta terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berpihak kepada rakyat.
Kedua, menjadi garda terdepan dalam gerakan politik santun, penjaga moral dan etika politik dalam setiap proses demokrasi sehingga terhindar dari praktik politik kotor, menghalalkan segala cara dan menggunakan kekerasan atau premanisme politik. Ketiga, tidak terjebak dalam pragmatisme politik maupun ekonomi, menghormati hak dan kewajiban orang lain serta menghargai keberagaman di masyarakat. Keempat, melakukan inovasi sosial budaya melalui berbagai aktivitas kemasyarakatan sehingga menumbuhkan semangat kewirausahaan dan daya keunggulan serta keberdayaan masyarakat.
Dalam realitas Indonesia masa kini dan ke depan, Yayasan Planet Inovasi memandang gerakan keteladanan sosial-budaya-politik-ekonomi-hankam merupakan modal sangat penting dalam konteks “Menginspirasi Indonesia Baru” bagi seluruh warga bangsa. Oleh karena itu, Yayasan Planet Inovasi menyelenggarakan acara PLANET INOVASI DALAM PANGGUNG PEMUDA KEBANGSAAN sebagai upaya berjejaring bersama elemen bangsa lainnya untuk menumbuhkan kembali wawasan dan semangat kebangsaan.@Redaksi Planet Inovasi

Tulisan ini diambil dari ulasan Planet Inovasi tentang Giat Perdana.

Pendaftaran Peserta dilakukan sebelum 23 Maret 2014, dan terbuka untuk 500 Peserta Pendaftar Pertama berusia 16-23 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Banten, dan Bandung.
Pemuda berdomisili di luar kota-kota tersebut yang tertarik mengikuti Acara ini dapat mengontak Panitia (HP 0811 9127 222).

Salam Inovasi Kebangsaan!
Penggerak Planet Inovasi