“Inovasi, Profesionalisme TNI dan Keutuhan NKRI”

Ajang Penghargaan Inovasi Panglima TNI I 2014 ini memberi apresiasi inovasi kepada organisasi/tim/individu yang telah menunjukkan keberhasilan Peserta dalam mengubah input menjadi output sedemikian rupa sehingga dihasilkan perubahan besar dalam perbandingan antara nilai manfaat dan harga atau pengorbanan menurut persepsi pengguna dan/atau masyarakat pengguna. Hal ini dicerminkan oleh efektivitas inovasi secara internal, teknis, komersial atau difusi, ekonomi, dan sosial.

Penghargaan Inovasi ini menjadi salah satu upaya mendorong tumbuh dan berkembangnya ekosistem inovasi di lingkungan TNI dengan memperkuat kerja sama inter-sektoral antara aktor-aktor inovasi, serta memonitor implementasi kebijakan pimpinan TNI tentang inovasi untuk mencapai: Efektivitas Inovasi Poros 1: Profesionalisme dan Kesejahteraan; Efektivitas Inovasi Poros 2: Stabilitas dan Keterbukaan; Efektivitas Inovasi Poros 3: Prajurit Profesional dan Prajurit Pejuang; dan Efektivitas Inovasi Poros 4: Minimum Essential Forces (MEF) dan Rencana Strategis TNI (rujukan Paparan Fit & Proper Test Panglima TNI Jend. Moeldoko, Agustus 2013). Selanjutnya, ajang Penghargaan Inovasi ini mendorong optimasi peran strategis R&D di lingkungan TNI pada khususnya dan nasional pada umumnya.

Profil Peserta

Peserta merupakan Organisasi/Unit Kerja/Satuan/Tim/Individu TNI dan Non TNI yang memiliki karya-karya inovasi dalam lima tahun terakhir (2010-2014) yang memenuhi setidaknya satu kriterium kinerja inovasi yaitu kinerja teknis (keberhasilan mengubah atau mentransformasi ide atau inisiatif inovasi menjadi produk (barang atau jasa) termasuk masih dalam bentuk prototipe).

1. Peserta memiliki karya cipta dalam bentuk ide/konsep hingga produk teknologi dan/atau non teknologi yang memberikan nilai manfaat secara sosial dan/atau ekonomi kepada TNI pada khususnya dan masyarakat pemangku kepentingan lainnya pada umumnya.

2. Panitia Penyelenggara bekerja sama dengan Srenum TNI, Srena Angkatan, dan Dinas Penelitian & Pengembangan Angkatan di lingkungan TNI mengundang dan mengelompokkan peserta Penghargaan berdasarkan empat kategori besar yaitu:

a. Peserta adalah Finalis Lomba Kreativitas Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam lima tahun terakhir (2010-2014).

b. Peserta adalah penghasil Produk Litbang Unggulan TNI (2010-2014).

c. Peserta berasal dari lingkungan TNI di luar kategori (2a) dan (2b) yaitu individu/tim dari Organisasi/Unit Kerja/Satuan Kerja TNI yang telah berhasil menerjemahkan ide atau inisiatif inovasi hingga menjadi produk-produk inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat di lingkungan area tugasnya saat itu selama lima tahun terakhir (2010-2014) juga dalam rangka menunjang tugas pokok TNI pada khususnya dan pencapaian misi dan visi TNI pada umumnya.

d. Peserta adalah individu/tim/organisasi di luar TNI yang telah berhasil menerjemahkan ide atau inisiatif inovasi menjadi produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi TNI dalam lima tahun terakhir (2010-2014).

FORMULIR PENDAFTARAN

Judul/Nama Produk Inovasi, Profil Peserta, Gambaran Input Inovasi,
Gambaran Proses Inovasi, Gambaran Output Inovasi, dan Gambaran Dampak Inovasi

Skedul Seleksi dan Penghargaan

1) Pendaftaran dan Penjaringan Peserta (18 Agustus-18 September)
2) Penyaringan dan Kunjungan Selektif (20-28 September)
3) Sidang Final Dewan Juri (29-30 September)
4) Pemberian Penghargaan (Oktober)
Informasi Pendaftaran/Pencalonan/Penjaringan Peserta: 0811 9127 222 atau info[at]ciptainovasi.com

Salam Inovasi!
Sekretariat Pendaftaran Peserta Penghargaan Inovasi 2014

Referensi: Rangka Acuan Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014. Avanti Fontana dkk.
All Rights Reserved, 2014

LIHAT SIARAN PERS 3 SEPTEMBER 2014